Tuesday 8 February 2022

124 Jika Sesama Saudara Dapat Akur Berarti Telah Menunaikan Bakti

Cerita Budi Pekerti 124

Jika Sesama Saudara Dapat Akur Berarti Telah Menunaikan Bakti

 

Saya sungguh beruntung mempunyai dua kakak perempuan yang begitu menjagaku. Kebetulan kakak perempuan tertua dan saya kuliah di universitas yang sama, teringat waktu dulu ketika saya sakit, mesti minum obat herbal. Sebungkus besar obat ini harus direbus lebih dari satu jam lamanya, dari satu panci air direbus hingga tersisa semangkok air.

 

Waktu itu saya adalah mahasiswa tingkat satu dan tinggal di asrama, jadi tidak leluasa merebus obat. Sedangkan kakak perempuanku tinggal di luar kampus, setiap hari dialah yang membantuku merebus obat dua kali, pagi dan malam hari. Setelah selesai merebus obat, sambil membawa semangkok obat yang panas, dia berjalan jauh dari luar gerbang kampus ke asrama putra yang saya tempati.

 

Peraturan di asrama putra adalah ‘tidak menerima tamu perempuan’, jadi kakakku tidak bisa masuk ke dalam, dia hanya bisa berjalan di depan jendela dan memanggilku untuk meminum obat. Melihat pemandangan itu, sakitku pun jadi berkurang setengahnya, saya segera keluar dan minum semangkok obat yang dimasak dengan penuh kasih sayang kakakku.

 

Hubungan persaudaraan kami sungguh mendalam, karena jalinan kasih sayang yang mendalam ini, telah membawa ketenangan hati buat Ayahbunda, maka itu ‘jika sesama saudara dapat akur berarti telah menunaikan bakti’. Ada dua macam kekuatan dalam hidup manusia yang sama sekali tidak meminta balasan darimu, selalu memberi kekuatan yang luar biasa dalam hidupmu, mereka adalah Ayahbunda dan saudara-saudari yang selalu mendukungmu.

 

Maka itu, dalam upaya menyebarluaskan budaya warisan leluhur Tionghoa, saya tidak akan merasa pesimis, oleh karena saya selalu merasa ada kekuatan tak terbatas yang mendorongku dari belakang.

 

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”

(Kompilasi Seputar Kehidupan)

Pembicara: Guru Cai Li-xu

Edisi: Tahun 2008

 

【生活集锦】

兄弟睦  孝在中

 

我很幸运有两个姐姐,特别照顾我。我的大姐刚好跟我是同一个大学,记得那时我身体不太好,要吃中药。中药很大一包,要熬一个多小时,从一大锅水煮成一小碗。我那时是大学一年级,住在宿舍里,不方便熬中药。我姐姐住在校外,每天早晚帮我熬两次。熬好之后,她就从校门外走很远的路,端着这一碗热腾腾的中药,到我们男生宿舍。男生宿舍是「女宾止步」,姐姐不能进来,她就走到我宿舍的窗前,叫我去吃药了。我看到那一幕,病就好一半了,赶快跑出来喝下充满姐姐关爱的这碗中药。

 

我们姐弟之情非常的深,也由于姐弟情之深,确实也令父母非常放心,所以「兄弟睦,孝在中」。人的一生有两种力量是完全不求你的回报,会在你的人生过程中,时时给你强大的力量,就是父母跟兄弟姐妹对你的支持。所以,我在推展中国文化的过程中,都不会觉得有挫折感,常常觉得背后有无穷的力量在推动我。

 

【德育故事 ~ 小故事 真智慧】

         ~蔡礼旭老师 讲述~