Wednesday 2 August 2017

Rumah Tua Berhantu

Rumah Tua Berhantu

                            

Di sebuah dusun terdapat sebuah rumah lama yang sudah tua dan usang, kabarnya di rumah tua tersebut sering kali muncul setan gentayangan yang jahat, maka itu tidak ada orang yang berani bermalam di sana.


Suatu hari, seseorang yang mengaku dirinya bernyali besar, dengan membual berkata : “Tak peduli setan sejahat apapun, saya juga tidak takut sama sekali! Malam ini juga, saya akan masuk ke dalam melihatnya!”



Tidak lama kemudian, ada pula orang yang tak mau kalah, dia menepuk dada, berkata dengan suara lantang : “Tidak ada orang yang sebanding dengan nyali dan keberanian-ku, apalah hebatnya orang itu? Kalo dia berani masuk ke rumah hantu, saya juga berani.”



Malam itu juga, mereka memasuki rumah hantu tersebut secara berurutan. 

Orang pertama yang masuk ke dalam, baru saja merebahkan diri, tiba-tiba mendengar suara derit pintu yang didorong orang kedua dari luar, saking takutnya dia buru-buru melompat turun dari tempat tidur, dengan sekuat tenaga menutup daun pintu, tidak berani tidur lagi.

Kemudian orang kedua, yang mendengar suara langkah kaki yang tergopoh-gopoh dan suara derit pintu dari dalam rumah, juga ketakutan hingga sekujur tubuhnya bergemetaran, tidak berani masuk ke dalam.

Keduanya saling mencurigai satu sama lain sebagai setan gentayangan, yang satunya berada di luar rumah, satunya lagi berada di dalam rumah, demikianlah mereka saling bertahan hingga fajar menyingsing, barulah menyadari telah sia-sia ketakutan sepanjang malam. 

Kata Bijak: Di dalam rumah berhantu ada suara, apakah itu pasti suara setan gentayangan? Konsep pemikiran yang terbentuk sebelumnya sering membuat kita tak mampu melihat dengan jelas akan kebenaran dari suatu masalah.


                                   舊屋鬧鬼

村中有一間古老的舊屋,聽說那舊屋常常有惡鬼出現,所以沒有人敢在那兒過夜。

有一天,一個自認膽大的人,誇下海口說:「管他什麼惡鬼,我才不怕呢!今晚我就進去瞧瞧!」

不一會兒,另外有一個人也不甘示弱,他拍拍胸脯,大聲地說:「我的膽量和勇氣沒有人比得上,那小子算什麼?他進鬼屋,我也敢進去。」

當天晚上,他們先後住進鬼屋。那先進屋的才躺下,忽然聽到後來的推門聲音,嚇得連忙從床上跳下來,用全力把門關上,不敢再睡覺。

那後來的,聽見裡面傳來急促的腳步聲和關門聲,也怕得全身發抖,不敢進去。

兩個人都把對方當成惡鬼,一個在外,一個在內,就這樣僵持著,直到天亮,才知道白白受驚了一夜。


智慧小語:鬼屋裡有聲音,一定是鬼所為嗎?先入為主的觀念往往使我們不能認清事情的真相。