Saturday 20 June 2020

61 Hati Lapang Berkah pun Besar


Cerita Budi Pekerti 61
Hati Lapang Berkah pun Besar

Di rumah Fan Zhong-yan terdapat sebidang tanah berberkah yang sangat bagus, sering disebut sebagai sarang naga atau masa kini lebih dikenal dengan istilah feng shui. Sebagian orang akan mempergunakannya untuk apa? Mereka akan segera memakamkan para leluhur di tanah tersebut, agar anak cucunya kelak menjadi kaya dan makmur.

Namun Fan Zhong-yan tidak berbuat demikian, dia menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan sekolah, dan sekarang adalah sebuah lembaga sekolah menengah atas di kota Suzhou, Tiongkok. Selama seribu tahun di tempat ini, telah menghasilkan hampir 400 orang calon sarjana dan lebih dari 80 orang sarjana negara.

Keuntungan besar yang didapat dari pembangunan ini bukan untuk dirinya sendiri, namun Fan Zhong-yan ingin supaya lebih banyak orang dapat hidup dalam feng shui sedemikian rupa, di mana lokasinya berdekatan dengan bukit dan arus air, maka hasil dari belajar akan lebih efektif.

Hati makin lapang berkah pun makin besar, seribu tahun telah berlalu, namun anak cucu Fan Zhong-yan dan pendidikan keluarga masih sangat makmur dan sejahtera.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                  ( Seputar “Kebajikan” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~     
                 量大福大

范仲淹先生家里,有一块非常好的宝地,就是所说的龙穴。一般人会用来做什么?赶快把祖坟葬在这里,以后子孙会发达。范仲淹先生没有这样做,他把这块地捐出来建造学校,这块地在苏州现在是一座高中的校址。将近一千年来,这里出现了将近四百个进士,八十几个状元。他兴建大利不为自己,让更多的人生活在这样的风水当中,依山傍水,读书的效果就特别好。心量愈大福愈大,所以现在一千年过了,他的子孙、家道还是很兴旺。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师