Friday 27 March 2020

43 Jenderal Pohon Besar


Cerita Budi Pekerti 43
Jenderal Pohon Besar

Pada masa Dinasti Han Timur, ada seorang jenderal kepercayaan Kaisar Guang Wu yang bernama Feng Yi. Karena telah memenangkan pertempuran, semua jenderal berkumpul bersama dan satu per satu membicarakan tentang jasa besar mereka. Saat yang lain saling memamerkan kehebatan, Feng Yi tidak berkata sepatah kata pun, dia justru berjalan ke bawah sebatang pohon besar, dan duduk tenang di sana, tidak ingin bersaing memperebutkan ketenaran dan keuntungan dengan mereka.

Seringkali ketika seseorang memiliki etika moral dan tidak bersaing memperebutkan ketenaran dan keuntungan, orang lain akan merasa malu dan melakukan introspeksi diri. Feng Yi saja tidak menyombongkan jasanya, dan kita masih bersaing di sini. Kaisar Guang Wu yang mengetahui hal ini menjadi tersentuh hati-nya, lalu menganugerahkan Feng Yi gelar “Jenderal Pohon Besar”.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                  ( Seputar “Kebenaran” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 大树将军

东汉光武帝时候,有个将军叫冯异。他是光武帝的偏将。因为打了胜仗,所有的将军都聚在一起,一个个讲述自己有多大的功劳。在互相标榜当中,冯异一句话也没说,跑到一棵大树下,默默地坐在那里,不与他们争名夺利。往往当一个人有德行,不去争夺名利的时候,其他的人就会觉得惭愧,就会反省自己。人家有功都不标榜,我们还在这里争功。光武帝知道了也很感动,就封冯异为 大树将军

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师