Thursday 6 February 2020

02 Berbaring Di Atas Es Meminta Ikan Mas

     


Cerita Budi Pekerti 02
Berbaring Di Atas Es Meminta Ikan Mas

Pada masa Dinasti Jin, ada seorang putra berbakti bernama Wang Xiang. Ibunda Wang Xiang sudah lama meninggal dunia dan Ayahnya pun sudah menikah lagi, Ibu tiri sangatlah membenci Wang Xiang. Kemudian, Ibu tiri melahirkan seorang anak laki-laki yang bernama Wang Lan. Sejak saat itu, Wang Xiang yang malang semakin dipersulit oleh Ibu tirinya. Namun, Wang Xiang tidak pernah mengeluh, bahkan sering berpikir bagaimana cara untuk membahagiakan Ibu tirinya.

Suatu hari, di saat langit dan bumi diselimuti salju, Ibu tiri Wang Xiang sakit dan ingin makan ikan mas. Namun seluruh permukaan sungai telah membeku, bagaimana mungkin akan ada ikan yang muncul! Di tepian sungai dengan tidak berdaya, Wang Xiang memanggil Ibundanya, berbaring di atas permukaan es dan berharap akan muncul keajaiban. Tiba-tiba permukaan es retak dan terbuka, lalu melompat keluar dua ekor ikan mas. Karena bakti dan ketulusan Wang Xiang telah mengharukan langit dan bumi!

Perlakuan kasar Ibu tirinya bukan hanya didapat sewaktu masih kecil, bahkan berlanjut ketika Wang Xiang dewasa dan sudah berkeluarga. Tapi adiknya yang bernama Wang Lan sangat menghormati abangnya ini. Setiap kali abangnya dihukum, sang adik akan datang membelanya.

Moralitas dan pengetahuan Wang Xiang makin meningkat dan reputasinya juga makin membaik. Ibu tirinya berpikir ingin mencelakai Wang Xiang dengan cara memasukkan racun ke dalam minumannya. Namun diketahui oleh adik laki-lakinya, dengan cepat dia merebut minuman beracun itu dan berpikir ingin menggantikan abangnya mati dengan meminum racun tersebut. Melihat adegan ini, Ibu tiri segera membalikkan minuman beracun dan merasa sangat malu. Sebab dia selalu berpikir ingin membunuh Wang Xiang, tetapi putra kandungnya sendiri malah rela mati demi abangnya. Hubungan persaudaraan Wang Xiang dan Wang Lan telah menggugah hati sang Ibu tiri, mereka pun menangis berpelukan. Maka hanya dengan kebajikan dan ketulusanlah yang dapat mengubah kejahatan menjadi kebaikan.

Kelak, Wang Xiang dan Wang Lan menjadi pejabat di pengadilan. Ada seorang pejabat besar menghadiahkan sebuah pedang pusaka kepada Wang Xiang  dan mengatakan bahwa seseorang yang memiliki pedang pusaka ini, maka anak cucunya akan sangat kaya dan makmur. Wang Xiang segera memberikan pedang pusaka kepada adiknya. Menurut catatan buku sejarah, sembilan keturunan dari Wang Xiang dan Wang Lan, semuanya adalah menteri dan juga pejabat besar. Seperti yang dikatakan, keluarga yang menimbun kebajikan pasti memiliki berkah berlimpah untuk diwariskan kepada anak cucunya.

Dikutip dari: Ebook “ Cerita Budi Pekerti”
                              ( Seputar “bakti” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~                     
           卧冰求鲤

晋朝的时候,有个孝子名叫王祥。他母亲很早就去世,父亲娶了后母,后母视他为眼中钉。后来,后母也生了一个男孩,就是王祥的弟弟王览。从此,后母对王祥更是百般刁难。对一个小孩来说,如此的际遇是非常不幸的。然而,王祥并没有任何抱怨,反而常常想着如何做才能令后母欢喜。

有一天冰天雪地,后母病了想要吃鲤鱼,整个河都已经结冰了,怎么会有鱼出现!王祥到了河边无可奈何,就呼唤着母亲,赤背卧在冰上,希望能出现奇迹。由于他这份至诚的孝心,冰裂开了,跳出两条鲤鱼,让他能孝敬后母。这真是孝感天地,至诚感通!
王祥不只是在小时候受后母的虐待,长大成家之后,后母对他们依然是百般刁难。但是他的弟弟王览对兄长很尊敬,每次母亲惩罚哥哥时,弟弟就会来从旁解围。

王祥的道德和学问日渐提升,名声也愈来愈好。后母随之起了害王祥的念头,在酒中下了毒给王祥喝。结果他的弟弟发现了,在情急之下,冲过去把毒酒夺过来,当场要喝下去,想替哥哥去死。后母看到这一幕,立刻把毒酒打翻,感到非常羞愧。因为她时时想置王祥于死地,而她的亲生儿子却宁愿为兄长而死。兄弟之情感化了后母,后母和这两兄弟抱在一起痛哭。所以,唯有德行和真诚,才能转变人生的恶缘。

以后,王祥跟王览都在朝廷做了官。有位大官就送了一把传家宝剑给王祥,并告诉他,拥有这把宝剑的人,子孙一定会非常的发达荣显。王祥立即把宝剑送给弟弟。史书上记载,王祥和王览的后代九世都为公卿,就是做大官的。所谓是积善之家,必有余庆。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
      讲述  ~  蔡礼旭老师