Friday 21 February 2020

24 Tian Zhen Dan Pohon Bauhinia


Cerita Budi Pekerti 24
Tian Zhen Dan Pohon Bauhinia

Ada tiga bersaudara dari Dinasti Sui, si sulung bernama Tian Zhen dan dua adiknya bernama Tian Qing dan Tian Guang. Ayahbunda mereka sudah meninggal, Tian Zhen berencana membagi harta warisan keluarga menjadi tiga bagian, bersiap ingin pisah rumah. Semua barang telah terbagi rata, di depan rumah mereka tumbuh sebuah pohon bauhinia, bagaimana cara membagi pohon ini? Ketiga bersaudara ini berkata, dipotong saja menjadi tiga bagian, begini barulah adil. Alhasil tidak lama setelah berdiskusi, pohon bauhinia ini layu dan mati.

Bagaimanapun Tian Zhen lebih terpelajar, melihat pohon ini mati, tiba-tiba teringat akan kata ‘Jalinan persaudaraan’, “Kita ingin pisah rumah dan membagi pohon, bahkan pohon ini telah  merasakan adanya suatu tindakan yang tidak welas asih dan tidak bersahabat, sehingga mati dalam waktu yang singkat.” Tian Zhen berpikir, kita tidak boleh lebih buruk dari pohon, seharusnya bisa saling mengasihi. Jadi, dia menjelaskan perasaan ini kepada saudaranya, semoga bisa mempererat jalinan persaudaraan, semuanya dilahirkan dan dibesarkan oleh Ayahbunda, Ayahbunda tidak ingin melihat kita berpisah.

Akhirnya ketiga bersaudara ini tidak jadi berpisah dan tinggal bersama lagi, tidak lama kemudian pohon bauhinia hidup kembali. Jadi, segala yang ada di alam semesta ini juga memiliki perasaan. Bahkan pohon pun bisa menjadi layu dan mati karena kehilangan keharmonisan keluarga, juga dapat merasakan kekompakan antar setiap anggota keluarga sehingga tumbuh dengan rindang.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                     ( Seputar “persaudaraan” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 田真叹荆

在隋朝时候有三个兄弟,老大叫田真,两个弟弟叫田庆、田广。父母都去世了,田真就打算把家产分为三份,准备分家。所有的东西都分好了,他们家门口有棵紫荆树,这棵树如何分?三兄弟都说,不然就把它砍成三份,这样也公平。结果才讲完没有多久,这棵紫荆树就枯死了。

田真毕竟读过书,一看到树枯死了,突然想到同气连枝的话,我们兄弟要分家,要把树分了,树已经感受到这种不仁爱、不友爱的行为,立刻就枯死了。田真想,我们不能连树木都不如,应该要友爱才对。所以,他把这种感受讲给兄弟听,希望我们是同气连枝,都是父母所养育的,父母不愿意看到我们分离。

后来三兄弟就没有分家,又住在一起,结果这个紫荆树没过多久又复活了。所以,万物确实都是有感觉的。连树都可以感觉到家庭失和而枯萎,也能感受到家庭的每一分子都团结和睦而欣欣向荣。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师