Friday 28 February 2020

28 Kisah Hai Rui


Cerita Budi Pekerti 28
Kisah Hai Rui

Ini adalah kisah yang melegenda di Haikou (Ibu Kota Provinsi Hainan, Tiongkok), tokoh yang paling dikenal sepanjang sejarah di Haikou adalah Hai Rui, Beliau adalah seorang pejabat setia pada masa Dinasti Ming. Ada sebuah drama yang terkenal berjudul “Hai Rui ba guan”. Ketika menjadi pejabat, Hai Rui sangatlah jujur, ke daerah manapun dia ditugaskan, belum lagi sempat melapor dan memulai pekerjaannya, para kaum bangsawan yang berkuasa, para pejabat korup terlebih dulu akan menghindar dan bersembunyi, sebab mereka tahu Hai Rui pasti akan bertindak tegas. Maka, di daerah manapun Hai Rui menjalankan tugas pemerintahan, rakyat setempat sangat menghormatinya.

Ketika saya berziarah ke makam Hai Rui, begitu masuk ke dalam (kompleks makam), tampak selembar tulisan kaligrafi yang membawa kesan yang sangat mendalam bagi diriku, yang ditulis langsung oleh Hai Rui, bunyinya: “Takkan gentar meskipun tubuh binasa, yang penting dapat mempertahankan kejujuran di dunia”. Kaum terpelajar zaman dulu senantiasa menempatkan etika moral di hati mereka, berharap dapat menciptakan berkah bagi masyarakat, menjadi teladan bagi generasi selanjutnya, dengan begini barulah tidak menyia-nyiakan ajaran insan suci dan bijak.

Istana kekaisaran setelah mengetahui tentang kesetiaan Hai Rui, tetap saja mengundangnya menjadi pejabat di Nanjing meskipun Beliau sudah berusia lanjut, sampai akhirnya Beliau jatuh sakit dan meninggal di Nanjing. Orang zaman dulu ingin menghabiskan sisa hidupnya di kampung halaman, sehingga mereka membawa jenazah Beliau pulang ke Hainan.

Sepanjang perjalanan memulangkan jenazah Beliau, seluruh penduduk kota Nanjing sangat berduka, seakan-akan telah kehilangan Ayahbunda-nya sendiri, berduyun-duyun mengantar jenazah Hai Rui pulang ke kampung halamannya. Dari kisah Hai Rui ini, kita dapat memahami bahwa, asalkan dengan hati yang tulus mencintai rakyat, pasti juga akan dicintai rakyat.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                     ( Seputar “kesetiaan” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 清官海瑞

我在海口做事,海口最有名的历史人物就是海瑞,他是明朝的忠臣。有一出最有名的戏叫 海瑞罢官。海瑞为官非常清廉,只要他所到之处,还没有报到,当地的豪强、贪官污吏都先后躲避,因为他们知道海瑞一定会好好整肃风纪。所以,海瑞治理的每一个地方,人民都非常的爱戴他。当时我到海瑞墓去参观,一走进去,看到第一幅字就给我留下很深的印象,海瑞书写的: 粉身碎骨全不顾,只留青白在人间。古代圣哲人时刻将德行放在心上,希望造福于民,希望能垂范后世,这样才对得起圣贤教诲。

朝廷知道海瑞的忠诚,在他年岁很老的时候还起用他到南京为官,后来他病逝在南京。古代人都想落叶归根,就把他的遗体运回海南来。在运送过程中,整个南京城万人空巷,如丧考妣,人民就好像失去了自己的父母一样,都非常伤心,都相送海瑞回归故里。从海瑞的事件中,我们也能体会到,只要用真心爱人民,就一定会得到人民的爱戴。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师