Monday 13 April 2020

48 Yang Zhen Menolak Emas


Cerita Budi Pekerti 48
Yang Zhen Menolak Emas

Pada masa Dinasti Han, ada seorang insan bernama Yang Zhen. Dia adalah pejabat yang sangat jujur, bahkan selalu merekomendasikan insan-insan berbakat untuk negara, yang dapat mengabdi pada negara. Saat menjadi gubernur di Donglai, Yang Zhen merekomendasikan seorang insan terpelajar bernama Wang Mi, mengangkatnya menjadi Bupati di Changyi.

Wang Mi sangat berterima kasih pada Yang Zhen, maka pada suatu malam, dia membawa sejumlah emas untuk dihadiahkan kepada Yang Zhen, saat Yang Zhen melihatnya, dia berkata: “Saya tahu anda orang yang berbakat, maka merekomendasikan posisi pejabat ini kepada anda, namun mengapa anda begitu tidak memahamiku, sehingga melakukan hal ini?” Wang Mi berkata: “Tidak apa-apa, ini hanya hadiah kecil dari saya, takkan ada orang yang tahu.”

Yang Zhen lalu menjawab: “Bagaimana mungkin tidak ada yang tahu? Langit tahu, Bumi tahu, anda tahu dan saya juga tahu.” Jadi, di manakah karakter moral seseorang mudah terlihat?” Yaitu tempat di mana tidak ada orang yang melihat, barulah dapat mengetahui integritas atau sifat seseorang. Wang Mi menjadi malu setelah mendengarnya, kemudian beranjak pergi membawa serta emasnya.

Oleh karena Yang Zhen sangatlah jujur, maka teladan ini diteruskan oleh anak cucunya. Tersebut putranya Bing, cucunya Ci dan cicitnya Biao, mereka adalah pilar negara dan menjadi pejabat dengan tiga posisi tertinggi di kekaisaran.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                  ( Seputar “Kejujuran” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~     
                 杨震拒金

汉朝时代有个叫杨震的。他为官非常清廉,而且常常帮助国家举荐一些好的人才,为国服务。当时他在东莱做太守,就举荐了一个读书人叫王密,举荐他当昌邑的县官。王密很感谢他,所以有一天晚上就带了一些黄金去送给他,杨震看到他送来的黄金,就跟王密说: 我很理解你,举荐你做官,你为何如此不理解我,还要送我黄金?王密说: 没有关系,只是我一点心意,绝对没有人知道。杨震就说: 何以会没人知道?天知、地知,你知,我也知。所以,一个人的品德在何处容易被人看出来?在没有人看到的地方,才能显现一个人的节操。王密听完之后,觉得很惭愧,就把黄金带走了。

因为杨震非常的清廉,这个榜样也传给了他的后代子孙,他的儿子秉、他的孙子赐、他的曾孙彪,官职都做到三公的地位,都是国家的栋梁之臣。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师