Saturday 29 February 2020

29 Lin Ze-xu Menteri Yang Setia


Cerita Budi Pekerti 29
Lin Ze-xu Menteri Yang Setia

Ketika saya mengunjungi Lin Ze-xu Memorial Hall, begitu masuk ke dalam terlihat dua baris kalimat: “Asalkan bermanfaat bagi negara, meskipun harus mengorbankan nyawa sendiri juga ikhlas, takkan karena takut membahayakan jiwa sendiri sehingga menghindar”. Jika suatu hal benar-benar bermanfaat bagi negara, meskipun mengorbankan nyawa dan akan timbul bahaya, Beliau akan menjalankan tugasnya dan maju dengan penuh keberanian.

Lin Ze-xu memiliki cara sedemikian rupa dalam menyelesaikan masalah, maka segala sesuatu yang dikerjakannya hampir tidak sanggup dikerjakan oleh sebagian orang. Kita mengetahui tekad Lin Ze-xu membakar opium, jika opium-opium ini tidak dibakar sampai habis, entah apa jadinya rakyat Tiongkok sekarang.

Masa-masa berakhirnya Dinasti Qing juga dikarenakan beredarnya opium, rakyat Tiongkok dianggap sebagai orang berpenyakit di Asia Timur oleh orang barat. Lin Ze-xu berjuang menghadapi segala kesulitan, adalah demi memberi manfaat bagi penduduk di negerinya. Metode yang digunakan untuk memusnahkan opium tidaklah merusak lingkungan di sekitarnya, maka ratusan tahun yang lalu, Lin Ze-xu telah berhasil menciptakan sebuah metode “Pelestarian lingkungan hidup”. Darimana asal metode ini? Dari ketulusan hati, bersungguh-sungguh ingin menyelesaikan sebuah persoalan maka pasti menemukan cara yang baik. 

Kemudian, Lin Ze-xu menghadapi kondisi yang tidak menguntungkan dan diasingkan ke sebuah daerah terpencil di Xinjiang, namun kesulitan ini tidaklah menyurutkan semangatnya untuk mengabdi pada masyarakat. Ketika berada di sana, Beliau membantu meningkatkan sumber daya air dan mengajarkan teknik bercocok tanam, sehingga bermanfaat bagi penduduk setempat. Sampai sekarang penduduk di wilayah Xinjiang dan Gansu masih menggunakan metode ini.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                     ( Seputar “kesetiaan” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
             清官林则徐

我在参观林则徐纪念馆的时候,一进门就看到这两句话: ”苟利国家生死已,岂因祸福避趋之。假如一件事真正对国家有利益,纵使舍掉生命,纵然会有灾祸,他也会勇往直前去做。林则徐具备如此的处事态度,所以他所做的事几乎都是一般人做不到的。我们看到林则徐焚烧鸦片的决心,不把鸦片烧尽,中国人不知道会成为什么样子。清朝末年就是因为吸鸦片,中国人被西方洋人视为东亚病夫。林则徐力排万难,只为江山社稷利益。而他销毁鸦片的方法是不破坏任何自然环境,所以林则徐在几百年前就做到了 环保。方法从何而来?从真心,真想把事做好一定会找到好方法的。

后来,林则徐处于逆境的时候,被流放到新疆偏远地方,但是他在那里也没有因为患难而减少他为人服务的心。他在偏远地区还大兴水利,造福了偏远地方的人民。他还教导当地人民种植农业的技术, 以及水利技术,现在新疆,甘肃地区的人们还在使用。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师