Saturday 22 February 2020

Mengenal Sekilas Guru Cai Lixu



Mengenal Sekilas Venerable Chengde (Guru Cai Lixu)

Cai Lixu, dilahirkan tahun 1973 di Taiwan, lulusan Sekolah Normal (sekolah yang melatih para lulusan sekolah menengah atas untuk menjadi guru), pernah berkarir sebagai guru Sekolah Dasar, pulang sekolah mengajar anak-anak belajar Klasik (ajaran Konfusius).

Setelah memberi pengajaran untuk jangka panjang, beliau menyadari bahwa pendidikan insan suci dan bijak merupakan pendidikan yang harus diutamakan bagi kehidupan manusia, kemudian mengundurkan diri dari pekerjaannya, menempuh perjalanan yang jauh menuju ke “Pure Land Learning College Association Inc” yang berlokasi di Australia, guna mendalami ajaran Konfusius, bahkan juga belajar pada Guru Xu Xingmin, memfokuskan diri menyebarluaskan budaya warisan leluhur Tionghoa.  

Bulan Oktober 2003, Cai Lixu berada di Provinsi Hainan, Tiongkok, bersama dengan guru Yang Shufen, menyelenggarakan “Pusat Pendidikan Budaya Tionghoa Xiaolian” di Haikou. Haikou adalah Ibu kota Provinsi Hainan. Bahkan menjadi salah seorang guru di sana. Selanjutnya, menjadi pembicara di berbagai pelosok di Tiongkok.

Akhir tahun 2004, di Hong Kong, menyelenggarakan “Seminar Kehidupan Manusia yang Bahagia” selama 10 hari berturut-turut, dengan pendidikan etika moral sebagai topik utama, mendapatkan sambutan hangat, semakin mengukuhkan keberadaan pendidikan kesusilaan di mata masyarakat.

Tahun 2007, menjabat sebagai Instruktur (orang yang mengajar sekaligus memberi latihan) di “Lujiang China Cultural Education Center”, Pembicara Senior di “China University of Geosciences”.

Guru Cai Lixu dalam kurun waktu 1,5 tahun, menyebarluaskan ajaran kesusilaan di berbagai provinsi di Tiongkok, kemudian Malaysia, Singapura, Indonesia, Australia, dan tempat lainnya, sehingga berhasil menyelesaikan sebanyak lebih dari 300 seminar, memperoleh pujian dari para guru ternama, praktisi senior dan para ahli budaya Tionghoa terkemuka.

UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) menerjemahkan bahan ceramah Guru Cai Lixu ke dalam 6 jenis bahasa dan merekomendasikan ke seluruh dunia.

Kemudian beliau menyelenggarakan seminar di “Lujiang China Cultural Education Center” yang terletak di Kabupaten Lujiang, Provinsi Anhui. Dibawah bimbingan Master Chin Kung, dengan hati menyelamatkan dunia, menyebarluaskan Buddha Dharma, menyebarluaskan budaya warisan leluhur Tionghoa.

Dibawah arahan dari Master Chin Kung, beliau memberikan seminar bertopik “Di Zi Gui” sebagai landasan, mengajarkan agar setiap insan membangkitkan niat baik, niat benar, menyampaikan apa yang merupakan kebahagiaan sejati bagi kehidupan manusia.

Meninggalkan keduniawian
Pada tanggal 24 Januari 2018 (lunar bulan 12 hari ke-8, hari dimana Pangeran Siddhartha Gautama mencapai KeBuddhaan menurut Mazhab Mahayana), bertempat di Vihara Jilesi, Tainan, Taiwan, Guru Cai Lixu ditabhiskan oleh Master Zong Xing, disaksikan oleh Master Chin Kung, dengan nama Dharma : Cheng De.
  




蔡礼旭,1973年出生于台湾,毕业于师范教育和信息专业,曾任小学教师,课余从事儿童经典教学。在教学相长中,有感于圣贤教育为人生首要教育,遂辞去公职,远赴澳洲净宗学院研习传统文化,并师承儒学耆老徐醒民老师学习儒学,专精研修和推广中国传统文化

200310月,于海南岛和杨淑芬老师一同创办「海口孝廉国学启蒙中心」,并担任该中心主讲教师。此后,在大陆各地为教师、家长、学生、企业人士和社会团体(包括大专院校、监狱等等)讲演。2004年底,在香港开办10天的「幸福人生讲座」,以德行教育为主要科目,更是获得热烈肯定。2007年任庐江文化教育中心训导长、中国地质大学外聘高级讲师、北京大方文化公益网高级讲师。蔡礼旭老师他在一年半的时间里先后在国内许多省市及马来西亚、新加坡、印尼、澳大利亚等地成功举办过300余场传统文化讲演,获得当代名师大德及国学名家的高度赞赏和推崇。联合国教科文组织已着手将他的演讲稿翻译成6种文字向全世界推荐。更在安徽庐江县汤池镇庐江中华文化教育中心开设讲座。蔡礼旭在净空法师的教诲下,以救世的心态弘扬佛法,弘扬中国传统文化。在净空老法师的授意下,以首讲弟子规为基础,教人正善、正念,劝导世人什么才是人生真正的幸福

 

蔡礼旭老师出家,净空法师亲证!法号:成德法师

蔡礼旭老师由:广化法师的法脉传下来的宗兴法师代剃,尊敬的净空师父上人鑑证,于释迦牟尼佛成道日公元2018.1.24日(农历十二月初八)在台南极乐寺六楼圆顶剃度,荷当如来家业,顶礼诸位法师
蔡礼旭老师出家法号:
外号:成德法师。
内号:振定法师。
顶礼成德法师