Saturday 21 March 2020

37 Zhang Kan Memercayai Zhu Hui


Cerita Budi Pekerti 37
Zhang Kan Memercayai Zhu Hui

Pada masa Dinasti Han, ada seorang insan terpelajar bernama Zhu Hui. Sewaktu kuliah di perguruan tinggi kekaisaran, ada seorang teman kuliahnya yang bernama Zhang Kan. Zhang Kan telah mengamati Zhu Hui untuk waktu yang lama, dan merasa Zhu Hui adalah orang yang setia. Maka itu, Zhang Kan berkata kepada Zhu Hui: “Jika suatu saat terjadi sesuatu pada diriku, maukah kamu membantu menjaga istri dan anakku?”

Meskipun jalinan persahabatan mereka tidak erat, namun dari perkataannya, Zhang Kan telah menganggap Zhu Hui adalah sahabatnya yang sangat dapat dipercaya. Oleh karena mendadak sekali, maka Zhu Hui tidak menjawab.

Tidak berapa lama kemudian, Zhang Kan meninggal dunia. Setelah mendengar kabar, Zhu Hui segera mengunjungi istri dan anak Zhang Kan dengan membawa banyak sekali harta benda, putranya yang ikut bersamanya pun merasa heran. Lalu dia bertanya pada Ayahnya: “Persahabatan Ayah dengan orang ini tidaklah akrab, mengapa Ayah membantunya?” Zhu Hui menjawab: “Zhang Kan begitu percaya padaku, artinya dia telah menempatkan saya sebagai sahabat di hatinya, dan dengan sikapnya ini, saya juga telah menempatkan dia sebagai sahabat di hati saya. Jika demikian, maka sudah semestinya melakukan semua yang kita bisa untuk membantu menjaga istri dan anaknya.”

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
             ( Seputar “Dapat dipercaya” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 朱晖许堪

在汉朝时候,有个读书人叫朱晖。他在太学读书的时候,有个同学叫张堪。张堪在旁边观察朱晖很久,觉得他这个人很讲义气。所以,张堪就跟朱晖说: 以后如我有什么三长两短,你是否能帮我照顾妻儿?他们两个虽无交情,可是张堪这番话是把他当作很信任的朋友。朱晖觉得很突然,所以没有回答。结果没有过多久,张堪真的死了。朱晖听闻这个消息,就带了很多财物去看张堪的妻儿,他的儿子跟着他一起去,很纳闷。他就问父亲: 您从来没有跟这个人交往过,为什么您要来帮助他?朱晖说: 张堪能这样的信任我,代表在他心上已把我当作知己,而他这样的态度,促使我在心里也把他当作朋友。既然已经把他当作朋友看,就应该尽心尽力照顾他的妻儿。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师