Saturday 21 March 2020

38 Ayah Mengajarkan Kejujuran


Cerita Budi Pekerti 38
Ayah Mengajarkan Kejujuran

Sima Guang adalah seorang menteri yang ternama pada masa Dinasti Song. Suatu kali, dia dan kakak-nya sedang mengupas kulit kenari hijau. Kebetulan ada suatu hal, kakak-nya pergi meninggalkan dia untuk sementara, dan pelayan di rumahnya berkata padanya, Anda cukup merebusnya sebentar dengan air panas maka akan sangat mudah mengupasnya.

Sewaktu kakak-nya kembali, melihat dia mengupas begitu cepat dan begitu banyak, lalu bertanya padanya: “Bagaimana kamu bisa mengupas sedemikian cepat? Darimana kamu tahu harus direbus dulu dengan air panas?” Sima Guang segera menjawab, sejak awal saya memang sudah tahu.

Ayah-nya yang mendengarkan menjadi waspada, dengan cepat memberitahu Sima Guang: “Berbicaralah sesuai dengan kemampuan diri sendiri, jika diri sendiri tidak memiliki kemampuan maka jangan membohongi orang lain.” Ayah Sima Guang sangat teliti, dengan membantu menghapus kebiasaan berbohong untuk pertama kali, barulah bisa berhasil mewujudkan etika moral Sima Guang.

Sima Guang pernah berkata: “Apapun yang kita lakukan dalam hidup ini, tidak ada yang bisa disembunyikan dari orang lain.” Semua ini adalah jasa siapa? Tentu saja jasa Ayah yang telah mendidik. Maka itu, bersikaplah rendah hati saat kita berbicara di depan anak-anak, janganlah sering membual, jika tidak anak-anak akan belajar hal yang tidak baik dari kita.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
             ( Seputar “Dapat dipercaya” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 光父教诚

司马光是宋朝的一位名臣。有一次,他跟姊姊在剥青核桃。姊姊刚好有事离开了一会儿,他们家的仆人就对他说,你只要用热水烫一下就很好剥了。后来他姊姊一回来,看他剥得特别快,剥了很多,就问他: 你如何剥得这样快?你何以知道要用热水烫一下?司马光立即回答,我自己本来会的。他的父亲听到了很警觉,立刻告诉司马光: 自己有多少本事就说多少话,不要欺骗别人去逞能。父亲慎于始,初次逞能撒谎,就帮他纠正过来,才成就了司马光的德行。司马光曾经说过: 平生所为之事,无有不可语人者。谁的功劳?父亲家教的功劳。所以,我们在孩子面前讲话也要谦卑,不要常常说大话,不然孩子也会学坏。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师