Friday 7 August 2020

79 Berterima Kasih Adalah Dasar Dari Keharmonisan

Cerita Budi Pekerti 79

Berterima Kasih Adalah Dasar Dari Keharmonisan

 

Setiap hari di sekolah, ada seorang paman yang membantu mengganti galon air minum anak-anak, galon air ini cukup berat. Pada suatu hari, seorang murid berkata pada gurunya: “Guru, paman yang setiap hari membantu kami mengganti galon air sudah bekerja keras.”

 

Murid ini mengusulkan: “Guru, haruskah besok kami mengucapkan terima kasih pada paman ini?” Gurunya sangat senang mendengarnya lalu berkata: “Baik! Besok kita ucapkan terima kasih pada paman.”

 

Keesokan harinya, paman ini berjalan memasuki ruangan, dengan wajah tanpa ekspresi melakukan pekerjaan rutinnya. Ketika melihat paman ini masuk, murid-murid serentak menyapanya: “Apa kabar, paman!” Paman pengganti galon air tertegun sejenak, dan hanya mengangguk-anggukan kepala.

 

Selanjutnya setiap kali paman ini datang mengganti galon air, anak-anak akan berkata: “Terima kasih paman! Paman sudah bekerja keras.” Paman ini pun segera menebarkan senyumnya. Sejak hari itu, paman pengganti galon air selalu tersenyum setiap kali memasuki ruang kelas murid-murid ini.

 

Maka itu ketika kita menghormati orang lain, orang lain juga akan menghormati kita; ketika di mana pun kita selalu berterima kasih kepada orang lain, hubungan antar manusia akan semakin harmonis.

 

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”

         ( Seputar “Berterima Kasih” )

Pembicara: Guru Cai Li-xu

Edisi: Tahun 2008

 

教化实例   ~ 【感恩篇】

感恩是和谐相处之本

  

在学校,有位叔叔每天来帮他们换饮用水,水瓶相当重。有一天,一位学生对老师说:‘老师,帮我们每天换水的叔叔很辛苦。’学生提议:‘老师,我们明天是不是应该谢谢这位叔叔?’老师听了很欢喜就说:‘好!我们明天来谢谢这位叔叔。’第二天,当这位叔叔走进来时,面无表情,每天都是例行公事。学生一看他走进来,就集体对他说:‘叔叔好!’换水的叔叔愣了一下,只是点点头。以后这位叔叔再换水的时候,所有的小朋友都说:‘谢谢叔叔!您辛苦了。’这位叔叔立刻露出会意的微笑。从此以后,换水的叔叔只要到了这班同学的教室,马上就露出满意的笑容。所以当我们敬人,人就会尊敬我们;当我们处处感谢他人,人与人就会相处得非常和谐。

 

德育故事 ~ 小故事 真智慧

     讲述  ~  蔡礼旭老师