Saturday 21 March 2020

39 Memenangkan Kepercayaan Rakyat


Cerita Budi Pekerti 39
Memenangkan Kepercayaan Rakyat

Pada era peperangan antar negara, yaitu saat reformasi Negara Qin, ada seorang tokoh reformasi yang terkenal bernama Shang Yang. Oleh karena saat itu pemerintahan Negara Qin telah kehilangan kepercayaan dari rakyatnya, maka sebelum memulai reformasi, Shang Yang melakukan sesuatu hal. Beliau mengambil sepotong kayu, dan di atas kayu ditulisi: “Siapa saja yang bersedia memindahkan kayu ini dari gerbang selatan ke gerbang utara, maka akan memperoleh uang sepuluh tael perak.”

Namun rakyat hanya melihat saja, tidak ada seorang pun yang bertindak. Dari sini kita bisa memahami, sudah berapa lama rakyat telah kehilangan kepercayaan? Mesti memulainya dari dalam keluarga, kemudian dalam lingkungan masyarakat, dan untuk mengembalikan kepercayaan dari rakyat, dibutuhkan ketulusan dan kesabaran yang amat besar.

Maka itu, Shang Yang menambahkan dari sepuluh tael perak menjadi dua puluh tael, lalu ditambah tiga puluh tael, dan terakhir lima puluh tael perak, barulah ada seorang pria datang menghampiri dan berkata, boleh juga dicoba. Selesai memindahkan, Shang Yang segera memberikan uang lima puluh tael perak yang telah dijanjikan kepadanya. Rakyat terkejut melihatnya, tidak menduga ternyata pemerintahan saat itu melaksanakan apa yang telah diucapkannya.

Selain itu pemerintah juga tidak boleh sering melakukan perubahan kebijakan atau tindakan. Jadi baik negara maupun organisasi, hendaknya berhati-hati dalam membuat keputusan. Keputusan telah diambil, janganlah begitu gampang diubah sesuka hati, jangan sampai membingungkan orang banyak.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
             ( Seputar “Dapat dipercaya” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 取信于民

在战国时代,秦国变法,就是众人所知的商鞅变法。那时因为秦国的政府,可能在信用上已经失去了人民的公信力,所以商鞅变法之前就做了一件事。商鞅拿了一块木头,在上面写着: 只要把这块木头从南门移到北门,就可以得十两银子。民众在一旁观看,都没有人去动。从这里也可以看得出来,人民失去了信心有多久了?现前我们在家庭、在社会当中,要重新建立信用,也要用很大的耐心和真心去做。所以,商鞅把钱币从十两加到二十两,又加到三十两,最后加到五十两,才有一个男子走过来,说搬一搬试试也好。搬了以后,果真给了他五十两。人民看到这件事就相当惊讶,感受到当时的官府言出必行。当然除了言出必行之外,也不能朝令夕改。所以,国家也好,团体也好,决策人在决策以前要相当谨慎。但是只要决策之后,就不要轻易去改变,不然底下的人会无所适从。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师