Sunday 7 June 2020

59 Kisah Dewa Lü Dong-bin


Cerita Budi Pekerti 59
Kisah Dewa Dong-bin


Dalam Taoisme ada kisah tentang Delapan Dewa, di antaranya ada Zhong Li, guru dari Lü Dong-bin. Zhong Li ingin mengajarkan Lü Dong-bin sebuah ilmu sulap yang diberi nama ‘Mengubah Besi Menjadi Emas’. Zhong Li berkata pada Lü Dong-bin: “Setelah menguasai metode ini, saat melihat ada orang miskin, maka hanya dengan sekali tunjuk, kamu sudah bisa menolongnya.”

Lü Dong-bin pun bertanya, setelah besi ini berubah menjadi emas, apakah emas ini akan berubah lagi menjadi besi? Zhong Li berkata: “500 tahun kemudian emas ini akan berubah jadi besi kembali.” Lü Dong-bin berkata: “Bukankah ini mencelakai orang yang hidup pada 500 tahun mendatang, saya tidak akan melakukan hal semacam ini.”

Zhong Li berkata bahwa untuk menjadi seorang dewa, harus mengumpulkan sebanyak 3.000 pahala, namun 3.000 pahala ini telah sempurna hanya dengan sebutir niat hati Lü Dong-bin. Oleh karena dia bukan hanya berpikir untuk orang yang hidup pada masa kini, dia juga peduli terhadap orang yang hidup pada masa 500 tahun mendatang. Ini membuktikan hati Lü Dong-bin sungguh mulia dan welas asih.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                  ( Seputar “Kebajikan” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~     
            仙人吕洞宾

道家有八仙,其中吕洞宾的老师是钟离。钟离要教吕洞宾一个法术,叫 点铁成金。钟离就跟吕洞宾说: 这个方法学会之后,你见到贫穷的人,点一下,就可以帮助他。吕洞宾又问,此铁变成金子以后会不会又变成铁?钟离说: 五百年之后会变回来。吕洞宾说: 那岂不是害了五百年以后的人,这种事我不干。他的老师说成仙要积三千功行,他这一念心三千功行都圆满了。因为他不是只想到当下的人,五百年后的人他都能够去爱护,代表他的心非常仁慈。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师