Tuesday 21 July 2020

72 Bersujud Berterima Kasih Pada Budi Ayahbunda


Cerita Budi Pekerti 72
Bersujud Berterima Kasih Pada Budi Ayahbunda

Di Haikou, Tiongkok, ada seorang murid, gurunya sangat serius mengajari mereka ‘Di Zi Gui’, maka ketika pulang merayakan Tahun Baru Imlek, dia ingin bersujud pada ayahbundanya, berterima kasih pada ayahbunda yang telah merawatnya sepanjang tahun ini.

Lalu anak ini menyajikan dua cangkir teh dan bersiap keluar ruangan, sebelum teh disajikan dia merasa jantungnya berdetak cepat, agak sedikit takut. Alhasil dia masih belum keluar, datanglah beberapa tamu, dia pun melangkah mundur, semakin malu saja rasanya. Namun dia mengumpulkan lagi keberaniannya, teringat pada didikan gurunya, harus bersungguh-sungguh dilaksanakan.

Dia pun membuka pintu dan langsung berjalan ke hadapan ayahbundanya, kemudian dia berlutut. Pada awalnya semua kerabat ini sedang asyik berbincang, melihat anak ini berlutut, suasana jadi hening. Entah kekuatan apa yang membuat semua orang jadi membisu dengan sendirinya.

Kemudian anak ini berkata: “Terima kasih atas budi Ayah dan Bunda telah membesarkan diriku, pada permulaan Tahun Baru Imlek ini, semoga Ayah dan Bunda selalu sehat dan panjang umur.” Usai berkata dia bersujud tiga kali pada ayahbundanya. Para tamu yang menyaksikan menjadi terharu, tindakan anak ini juga tengah mempengaruhi orang dewasa.

Setelah kembali ke asrama sekolahnya, anak ini menulis sebuah artikel, dia bilang dia merasa sangat gugup ketika ingin berterima kasih pada ayahbundanya, namun ketika sudah berlutut, mendadak pikirannya menjadi jernih. Maka itu, langkah pertama memang agak sulit dilakukan, namun asalkan berani mengambil langkah pertama ini, maka langkah selanjutnya dapat dilakukan dengan lebih baik lagi.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
         ( Seputar “Bakti dan Hormat” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

教化实例   ~ 【孝敬篇】
跪谢亲恩

海口有一位学生,他的老师很认真教他们《弟子规》,所以他过年回家,就想着要礼拜父母,感谢父母这一年对他的照顾。这个孩子就端了两杯茶,在房间里准备走出来,在他还没有端出来以前,感觉得心里扑通扑通的乱跳,有些胆怯。结果还没有走出来,就来了一些客人,他便更退却了,愈来愈不好意思。不过他又鼓起勇气,想起老师的教导,我们要认真去做。所以,就把门打开,直接走到父母面前,孩子就突然跪下来。所有的亲人本来还在聊天,孩子这一跪下,一片寂静。不知道是什么力量,所有的人很自然的都闭口不言。然后这个孩子就说:‘感谢父母这一年来的养育之恩,在这新一年的开始,祝父母健康长寿。’说完就给父母顶礼三拜。结果旁边的人看了都很受感动,孩子的行为也在影响大人。

这个孩子回学校以后,写了一篇文章,他说他要去感谢父母的时候非常紧张,但是他一跪下去的时候,突然觉得脑子清醒了。所以,跨出第一步比较困难,但是只要有勇气敢于跨越出第一步,就会愈做愈好。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师