Wednesday 4 March 2020

32 Zeng Shen Mendidik Istri


Cerita Budi Pekerti 32
Zeng Shen Mendidik Istri

Ada sebuah kisah pada periode musim semi dan musim gugur. Suatu hari, istri Zeng Shen ingin ke pasar membeli sayur, namun anaknya ribut mau ikut. Istrinya berkata kepada anaknya: “Kamu jangan ribut dan tidak usah ikut, nanti Mama pulang sembelih B2 buat kamu.” Lantas putranya tidak berisik lagi dan tidak jadi ikut.

Ketika pulang dari pasar, istrinya melihat Zeng Shen sedang mengasah pisau. Istrinya sangat gugup, lalu berlari menghampiri sambil berkata: “Saya hanya bercanda dengan anak-anak dan hanya membujuknya, mengapa kamu menganggapnya serius?” Zeng Shen berkata: “Jika sekali saja kamu berbohong pada anak-anak, maka apapun yang kamu katakan di sepanjang hidupmu, dia pasti takkan percaya lagi, dan apapun yang telah kamu janjikan haruslah diwujudkan.”

Sebagai Ayahbunda, “Hal yang belum tentu bisa dilakukan janganlah dijanjikan, jika terlanjur dijanjikan, serba salah karena tidak bisa mengingkari atau mewujudkannya”. Manusia seringkali mengumbar janji di saat sedang gembira, begini tidaklah benar. Banyak orang dewasa yang akan memberikan apa saja yang diinginkan anak-anak ketika mereka sedang bermain mahyong, kelak anak-anak akan tahu, saat Ayahbunda sedang bermain mahyong adalah saat yang paling tepat bagi mereka untuk meminta sesuatu.

Semua hal ini haruslah diperhatikan, jika tidak, bukan kejujuran yang dipelajari oleh anak-anak, melainkan pengamatan terhadap Ayahbunda, baik yang dibicarakan maupun yang dikerjakan. Pernahkah kalian memperhatikan bahwa anak-anak era kini sangat pintar bermain isyarat mata? Begini tidaklah baik! Apabila anak-anak tidak mempertahankan sikap jujur, maka kelak akan mendatangkan banyak masalah di kehidupan mereka.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
             ( Seputar “Dapat dipercaya” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 曾参教妻

春秋时代有一个故事。曾参的太太有一天出门买菜,她的孩子吵着要去。他太太对小孩说:不要吵,你不要跟我去,妈妈回来杀猪给你吃。她儿子就不吵,也不去了。他的太太从市场回来,看到曾参正在磨刀。他太太很紧张,就跑过来说:我跟孩子开玩笑的,哄哄他,你还当真?曾参对太太说:假如你骗孩子一次,可能你这一辈子所说的话,他都不会相信,所以还是得按照你的承诺去做事。

所以,为人父母,事非宜,勿轻诺,苟轻诺,进退错。人往往在很高兴的时候都会随口承诺,这很不恰当。很多大人在打麻将的时候,孩子要什么,大人都同意,以后孩子知道,大人打麻将的时候,最能要到东西。这些都要注意,不然孩子学到的不是老实,而是察言观色。有没有发觉现代的孩子眼色特别厉害?这不好!如果不老实的话,将来孩子的人生会产生很多的问题。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师