Tuesday 11 February 2020

12 Bakti Mengharukan Langit


Cerita Budi Pekerti 12
Bakti Mengharukan Langit

Pada zaman dahulu, Kaisar Shun dikenal sebagai sosok yang penyayang dan seorang putra yang berbakti. Walau sering ditindas oleh Ayah, Ibu tiri dan saudara tirinya, namun dia tidak pernah menyalahkan siapapun, masih sepenuh hati berbakti pada Ayahbunda dan menyayangi adiknya. Sikap murah hati dan lapang dada serta baktinya ini telah mengharukan langit.

Saat dia bercocok tanam di gunung Lishan, gajah akan datang membantunya membajak dan burung-burung kecil satu demi satu membantunya mencabuti rumput, mengandalkan satwa-satwa saling bekerja keras, dia membuat gunung Lishan berkembang dengan sangat baik.

Para penduduk di dusun itu semuanya kagum akan sikap bakti Shun. “Masyarakat dari wilayah lainnya yang mengagumi etika moral Shun, berduyun-duyun datang dan bergabung dengannya”, orang-orang yang berjarak jauh dengannya juga membangkitkan sikap hormat terhadapnya. Karenanya sikap bakti dan reputasi Shun, tidak ada seorang pun yang tidak mengetahuinya. Dengan sendirinya kebajikan Shun telah memengaruhi orang-orang, bahkan Kaisar Yao juga salut padanya. Kaisar Yao tidak hanya menikahkan kedua putrinya dengan Shun, tetapi juga menyerahkan takhta kerajaan kepadanya. Generasi selanjutnya memberinya gelar “Yu Shun”, kisah Kaisar Shun amat terkenal hingga saat ini.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                              ( Seputar “bakti” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~    
                 孝感动天

古代舜王是位性情极为和顺的著名孝子。他虽被父母和异母兄弟百般虐待,但从不怨天尤人,依然一心一意孝顺父母,友爱弟弟。他这样宽大的胸襟,以及至孝的行为,感动了上天。当他在历山耕种时,大象来帮他耕田,小鸟儿纷纷来帮他除草,靠著动物们的努力合作,他把历山开发得非常好。

邻里乡党都赞许舜的孝行。远者怀之,离他很远的人民也对他的德行生起恭敬之心。因此,舜的孝行与名声,无人不知,无人不晓。舜用他的德风自然而然感化人民,最后连尧帝都很佩服。尧帝不仅把两个女儿嫁给他,而且把天下禅让给他。后人称舜王为 虞舜,他的故事也就万古流芳流传至今。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
      讲述  ~  蔡礼旭老师