Saturday 29 February 2020

30 Song Lian Mengembalikan Buku


Cerita Budi Pekerti 30
Song Lian Mengembalikan Buku

Pada masa Dinasti Ming, ada seorang sarjana yang bernama Song Lian. Sewaktu kecil hidupnya serba kekurangan, saat tidak memiliki uang untuk membeli buku, dia akan meminjamnya ke rumah orang kaya. Perilaku orang kaya tersebut sedikit angkuh, meminjami Song Lian sebuah buku yang sangat tebal dan berkata padanya: “Buku ini saya pinjamkan selama sepuluh hari, jika batas waktunya tiba, kamu harus segera mengembalikan padaku.”

Sepuluh hari kemudian, salju turun dengan sangat lebat, si pemilik buku merasa Song Lian tidak mungkin datang, namun saat waktunya tiba, di tengah terpaan badai salju, Song Lian datang untuk mengembalikan buku. Orang kaya ini merasa terharu, dan berkata kepada Song Lian: “Mulai sekarang, kamu boleh meminjam semua buku yang ada di rumah kami.” Maka, membangun sebuah kepercayaan kelak akan sangat membantu diri kita sendiri.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
             ( Seputar “Dapat dipercaya” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 冒雪还书

明朝有个大学问家叫宋濂。他小时候很穷,没有钱买书,就到一个大户人家去借书。大户人家的态度有点傲慢,借他一本很厚的书,跟他说:借你十天,到了期限要立刻给我还回来。结果十天以后,下了一场很大的雪,主人就觉得他一定不会来,但是时间一到,宋濂冒着大风雪把这本书送了回来。大户看了也很感动,就对宋濂说:往后我们家的书,你都可以借。所以,建立了信用对自己会有很大的帮助。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师