Thursday 22 October 2020

93 Ringan Tangan Disukai Banyak Orang

Cerita Budi Pekerti 93

Ringan Tangan Disukai Banyak Orang

 

Saya pernah mengajar tentang ilmu pengetahuan alam, setiap kali usai belajar, banyak sekali peralatan yang harus dibereskan. Ada beberapa murid yang rela tinggal di kelas berinisiatif membantu membersihkan dan membereskan peralatan tersebut. Melihat murid yang ringan tangan begini, apa yang dirasakan? Tumbuh hati sukacita.

 

Terhadap murid yang seperti ini, kita pasti harus lebih menjaganya, maka itu anak-anak yang tekun dan suka membantu sangatlah mudah memperoleh dukungan, perhatian dan kasih sayang dari senior. Dalam pergaulan dengan teman sebayanya, jika anak ini juga tekun dan suka membantu, maka akan disukai banyak orang.

 

Umpamanya, ketika dia baru masuk universitas, dengan beberapa teman sekelas tinggal di asrama yang sama, begitu masuk melihat temannya sedang membersihkan ruang tamu, dia pun segera ikut membersihkan, di mana saja dia paham untuk membantu orang lain, dan menghargai kerja keras orang lain. Meskipun masih belum saling mengenal, namun tindakannya telah memenangkan kesan baik teman sekelasnya terhadap dirinya, menjadikannya mudah berbaur dalam komunitasnya.

 

Namun, apabila di rumah sendiri dia tidak bersedia melakukan hal-hal begini, dalam kehidupan bermasyarakat, saat temannya sedang bersih-bersih, dia masih saja menonton televisi, maka teman sekelasnya yang lain tidak akan memiliki kesan yang baik terhadapnya.

 

Ketika di rumah tidak pernah bantu bekerja, maka tidak akan tahu susah payahnya melakukan pekerjaan rumah. Adakalanya setelah menggunakan sesuatu malah sembarang menaruhnya, saat orang lain ingin menggunakannya tidak dapat menemukan, pada saat ini, kepercayaan dan kesan orang lain terhadap dia akan semakin buruk. Keluhan orang lain perlahan-lahan menumpuk terhadap dirinya, sampai akhirnya akan meledak menjadi amarah. Maka itu, kebiasaan rajin bekerja dengan hubungan antar manusia adalah saling berkaitan secara langsung.

 

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”

 ( Seputar “Kehidupan” )

Pembicara: Guru Cai Li-xu

Edisi: Tahun 2008

 

教化实例   ~ 【生活篇】

勤劳得人缘

  

我在教书的过程中,曾经教过自然科,每一次上完课就有很多器材要收拾。有几位学生都很自动留下来帮忙整理打扫。看到这样的学生,内心有什么感受?心生欢喜。对这样的学生,我们一定会多加照顾,所以孩子勤奋就很容易得到长辈的提携、关怀和爱护。与平辈相处,假如孩子很勤奋,对他的人缘也是有直接的影响。比如说,他到大学去念书,假如跟几位同学同住在一个寝室,他一进去看到别人在打扫客厅,他就立刻动手跟着一起做,懂得处处帮助他人,处处体谅别人辛勤劳动。虽然还没有相处,但这种行为已经赢得同学对他非常好的印象,很容易就融入团体之中。

 

但是,假如他在家里都不愿意做这些事,到了团体里,别人在打扫,他依然看着他的电视,其他同学对他的观感就不会太好。在家里不帮忙做事,就不知道做事者的辛苦。有时拿了东西还乱放,别人要用的时候找不到,这时他在团体中的信用跟印象就会愈来愈差,别人的怨言慢慢积累,到最后就会爆发出来。所以,劳动的习惯与人际关系是直接相关的。

 

【德育故事 ~ 小故事 真智慧】

         ~蔡礼旭老师 讲述~