Friday 11 September 2020

85 Pendidikan Keluarga Harus Dikembangkan Sejak Usia Dini

Cerita Budi Pekerti 85

Pendidikan Keluarga Harus Dikembangkan Sejak Usia Dini

 

Ayahku menamai saya Cai Li-xu, memberiku beban tanggungjawab yang sangat besar. Setiap kali orang memanggil, apabila saya tidak memiliki tata krama, maka amat bersalah terhadap nama ini. Maka itu, nama ini telah berhasil mengajariku supaya setiap saat harus bersikap sopan terhadap orang lain, bahkan tata krama ini harus seperti sembilan butir mentari, memancarkan cahaya kecemerlangan.

 

Nama ini juga telah membawa begitu banyak peristiwa yang mengesankan, menemani setiap perkembangan diriku. Oleh karena sejak kecil saya mempunyai sebuah kebiasaan, tak peduli di manapun saya berada, asalkan mendengar ada suara senior yang datang, saya pasti akan menghampiri, membungkuk memberi hormat dari hati yang paling dalam: “Paman, apa kabar! Bibi, apa kabar!”

 

Maka itu, tata krama anak sangatlah penting! Dalam proses pembelajaran beberapa hari ini, membahas tentang manfaat baik yang saya peroleh dari tata krama membungkuk memberi hormat, maka itu sejak kecil harus menumbuhkan kebiasaan baik ini, pendidikan kesusilaan keluarga adalah sedemikian pentingnya.

 

Suatu hari, ketika saya berada di dalam lift, ada seorang wanita yang masuk, saya segera bertanya padanya: “Permisi, anda ingin ke lantai berapa?” Saya pun menekan tombol lantai yang dituju wanita ini. Kebetulan di lantai yang sama denganku, selama berada di dalam lift, saya juga tidak lupa menyapanya.

 

Pada suatu kali, ada seorang sahabat Dharma yang ingin menaiki lift berpapasan dengan seorang wanita, dia pun bertanya pada wanita ini: “Permisi, anda ingin ke lantai berapa?” Mendengar sapaan dia yang begitu akrab, wanita ini terus saja tersenyum selama berada di dalam lift, bahkan setelah sampai, wanita ini mempersilahkan sahabat Dharma ini jalan duluan. Oleh karena itu, ketika kita mengulurkan tangan tanda persahabatan, pasti akan memenangkan kembali balasan persahabatan dari orang lain.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”

 ( Seputar “Belajar Kesusilaan” )

Pembicara: Guru Cai Li-xu

Edisi: Tahun 2008

 

教化实例   ~ 【习礼篇】

家教从小养成

  

我父亲给我取蔡礼旭这个名字,对我有很大的约束力。每次人家叫我,假如我很无礼,就对不起我的名字。所以,这个名字也成就了我,教我要时时对人有礼貌。不只是要有礼貌,礼貌还要像九颗太阳一样,把光芒照射出去。

 

  

这个名字也带给我很多趣事,以及伴随着我的成长。因为我从小就养成一个习惯,只要听到长辈的声音,无论我人在何处,一定会走向前来,给他深深一鞠躬:‘叔叔好!阿姨好!’

 

  

所以,孩子的礼貌很重要!这几天的课程中,提到我从鞠躬的礼节得到了很多好处,所以从小要养成有礼貌的好习惯,家庭教育至关重要。

 

  

有一天,我坐电梯时,进来了一位女士,我马上问她:‘请问你上几楼?’我给这位女士按了楼层按钮。刚好跟我是同一楼层,在坐电梯的过程中,我还向她问好。有一次,有位同修坐电梯,碰到一位小姐进来,就问她:‘请问你上几楼?’那个小姐听到他这样亲切的问候,坐电梯时一直都保持微笑,而且到了以后,这位小姐还坚持要让他先走。因此,当我们伸出友谊之手,一定会赢得人家友谊的回馈。

 

【德育故事 ~ 小故事 真智慧】

     【讲述  ~  蔡礼旭老师】