Saturday 14 March 2020

36 Guo Ji Menepati Janji


Cerita Budi Pekerti 36
Guo Ji Menepati Janji

Pada masa Dinasti Han Timur, ada seorang pejabat yang etika moralnya sangat baik, bernama Guo Ji. Beliau adalah seorang pejabat lokal di sebuah wilayah, ketika mengunjungi sebuah desa, sekelompok anak-anak mendadak berlari menghampirinya, dan berkata kepada Guo Ji: “Tuan, kapankah Anda datang lagi?” Guo Ji mempertimbangkan waktunya, lalu berkata: “Saya pasti datang lagi pada bulan sekian dan tahun sekian.” Selesai berbicara dan menentukan kapan dia akan datang, anak-anak pun mengantarnya pergi. 

Di waktu berikutnya Guo Ji berkunjung ke tempat ini lagi, namun hari yang dijanjikan dengan anak-anak masih belum tiba, Beliau datang lebih awal satu hari. Guo Ji memberitahu pelayannya, hari ini kita tidak boleh memasuki desa terlebih dulu, sebab anak-anak akan kehilangan kepercayaannya pada kita. Maka, Guo Ji menghabiskan satu malam di sebuah paviliun di luar desa, keesokan hari Beliau baru memasuki desa, dan anak-anak telah menunggunya di sana.

Guo Ji takkan menipu siapapun, baik terhadap anak kecil maupun orang yang lebih tua, tidak peduli seberapa kecil anak itu, Beliau juga tidak ingin kehilangan kepercayaan dari mereka. Maka itu, Kaisar Guang Wu sangat mengagumi etika moral yang dimiliki Guo Ji, dan menganugerahkan Beliau sebagai “Insan yang paling menepati janji”, kredibilitas ( dapat dipercaya ) yang dimilikinya telah mencapai tahapan sedemikian mendalamnya.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
             ( Seputar “Dapat dipercaya” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 郭汲亭侯

在东汉时代,有个官员德行很好,名叫郭汲。他担任某地的地方官,当他在某村巡视时,突然有一群孩子跑到他面前,对郭汲说:大人,你下次什么时候再来?郭汲算了一下时间,然后对小孩说,我某年某天会再到这个地方来。说完孩子们就送他走了。下一次郭汲又到这个地方来巡视,跟孩子约定的时间还差一天,他提前了一天。郭汲就跟仆人说,我们今天不能进去,因为如此就失信于小孩。所以,郭汲就在村外的野亭子过了一晚,隔天他才进村,而那些孩子都在那里等他。郭汲做到了童叟无欺,纵然是再小的小孩,也不愿意失信于他们。所以,光武帝非常赞叹郭汲的德行,称他是 信之至矣,他的信用已经达到了极致。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师