Thursday 2 April 2020

45 Ju-bo Menyelamatkan Teman


Cerita Budi Pekerti 45
Ju-bo Menyelamatkan Teman

Xun Ju-bo adalah seorang insan terpelajar yang hidup pada masa Dinasti Han. Oleh karena temannya sedang sakit kritis, maka dia pergi mengunjunginya. Namun sayangnya, ada sekelompok perampok yang ingin merampas harta benda di rumah temannya, semua penduduk desa juga telah melarikan diri. Temannya ini lalu membujuk Xun Ju-bo: “Di sini terlalu berbahaya, cepatlah kamu pergi!” Apakah Xun Ju-bo sudi untuk pergi? Tidak sudi.

Dia berkata: “Saya datang berkunjung untuk menjagamu, bagaimana boleh meninggalkanmu dan pergi begitu saja, hal demikian saya tidak dapat melakukannya.” Lalu Xun Ju-bo berjalan ke luar rumah dan berkata pada para perampok: “Temanku sedang sakit parah, kalian jangan melukainya, jika kalian ingin lukai saja diriku.”

Oleh karena dia sangat tulus dan menjunjung kebenaran serta tidak takut akan hidup dan mati, para perampok ini menjadi tergugah. Ketua perampok berkata pada rekannya: “Kita semua adalah orang yang tidak benar, bagaimana boleh merampok di tempat yang penuh kebenaran ini?” Ketua perampok dapat merasakan etika moral yang dimiliki oleh Xun Ju-bo, sehingga memerintahkan rekan-rekannya untuk menarik diri.

Ketulusan hati dan kebenaran yang dimiliki oleh Xun Ju-bo telah melenyapkan sebuah petaka. Apabila hari itu Xun Ju-bo pergi dan tidak menjaga temannya, apa yang akan terjadi? Tentu saja para perampok ini akan menganiaya temannya, dan sepanjang hidup hati nuraninya tidak akan tenang.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                  ( Seputar “Kebenaran” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 巨伯请代

汉朝时代有个读书人叫荀巨伯。因他的朋友生了一场大病,他去探望朋友。很不巧,刚好有一批强盗到他朋友居住的地方抢夺财物,村庄的所有人都跑掉了。他的朋友就劝荀巨伯: 这里太危险了,你赶快走!荀巨伯愿不愿意走?不愿意。他说: 我是来探望你、照顾你的,我如何可以舍你而去,这样的事我做不出来。荀巨伯就走到屋外,跟那些强盗说: 我的朋友已经病得很严重,你们不要伤害他,你们要伤害就对我好了。因为他很真诚,讲道义,不畏生死,结果连强盗都为之感动。强盗的头目就对他的同伙说: 我们皆是无义之人,怎么可以来抢夺这个有义的地方?强盗头目感受到荀巨伯的道义,就一声令下,把强盗全部都撤走了。荀巨伯的至诚心、道义心,化解了一次灾祸。假如荀巨伯那天没有照顾他的朋友,自己走了,会有什么结果?当然强盗肆虐,而他自己的良心都会终身不安。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师