Monday 9 March 2020

34 Zhang Shao Menanti Kedatangan Fan Shi


Cerita Budi Pekerti 34
Zhang Shao Menanti Kedatangan Fan Shi

Pada masa Dinasti Han, ada seorang pelajar bernama Zhang Shao. Sewaktu kuliah di perguruan tinggi kekaisaran, dia mengenal seorang teman dari daerah lain yang bernama Fan Shi, mereka sangat akrab layaknya saudara, selalu belajar bersama hingga akhirnya tamat kuliah bersama. Ketika akan meninggalkan kampus, mereka membuat janji untuk bertemu kembali di hari yang sama dalam dua tahun mendatang.

Akhirnya hari yang dinanti telah tiba, Ibunda Zhang Shao tidak percaya Fan Shi akan datang, sebab rumah mereka terpisah sejauh beberapa ratus li. Namun Zhang Shao sangat yakin dan berkata kepada Bundanya, Fan Shi adalah orang yang selalu menepati janji. Ternyata benar, hari itu Fan Shi datang menepati janjinya.

Kemudian Zhang Shao jatuh sakit dan kondisinya sangat kritis, dia ingin istrinya memberi kabar kepada Fan Shi dan dia percaya Fan Shi pasti dengan sepenuh hati menjaga keluarganya. Saat Zhang Shao meninggal, oleh karena Fan Shi belum tiba, upacara pemakaman pun tidak bisa dilaksanakan. Setelah Fan Shi tiba, upacara pemakaman barulah terlaksana dengan lancar. Fan Shi memenuhi janjinya pada Zhang Shao, menjaga dan mengatur masa depan anak dan istrinya dengan sangat baik.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
             ( Seputar “Dapat dipercaya” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~   
                 张劭待式

在汉朝时候,有个读书人叫张劭。他在太学里认识了另外一个朋友叫范式,他们一起学习、一起成长。后来离开太学,他们就相约两年以后的某一天见面。结果两年以后那一天,张劭就跟他母亲说,我们两年前约好了,他今天一定会来。因为两家相隔几百里,所以他母亲不相信。不过张劭很有信心,他说范式是个重承诺的人,一定会到,果然那一天范式真的来了。

后来张劭病危,就跟他的太太说要告知范式,说他一定会全心全力照顾他的家人。张劭去世以后,正要安葬,因为范式还没到,所以如何安葬,好像都不能做主。后来范式赶到了,棺木才顺利葬下去。以后,范式对于张劭妻儿的照顾和安排果然都非常的好。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师