Tuesday 21 July 2020

71 Memelihara Hati Hormat Anak


Cerita Budi Pekerti 71
Memelihara Hati Hormat Anak

Ada banyak sekali murid yang membaca Klasik, semuanya mempelajari ajaran insan suci dan bijak. Kami pun bertanya pada mereka, mengapa membaca Klasik? Mereka akan menjawab: “Saya ingin menjadi seorang insan suci, karena dengan membaca Klasik dapat menjadi insan suci dan bijak.” Lalu guru membuat peraturan untuk mereka, setiap hari pukul tujuh pagi mesti membaca ‘Di Zi Gui’, maka mereka akan bangun tidur pukul setengah tujuh, dan mulai membaca pada pukul tujuh.

Pada saat malam Tahun Baru anak-anak akan tidur lebih larut, ayahbunda khawatir anaknya tidak cukup tidur, sehingga alarm diperlambat satu jam. Alhasil si anak yang mesti bangun pukul enam atau tujuh, sekali lihat alarm baru pukul lima sekian, lanjut tidur lagi.

Oleh karena merasa ada yang tidak beres, sebab setiap manusia mempunyai jam biologis mereka sendiri, si anak pun keluar dan melihat sudah hampir pukul delapan, anak ini langsung menangis keras: “Sudah hampir pukul delapan, saya masih belum membaca ‘Di Zi Gui’.”

Anak-anak mengembangkan kebiasaan yang baik sejak kecil, merupakan bentuk rasa hormatnya terhadap guru, terhadap janjinya sendiri, maka tidak berani melalaikannya.

Maka itu, baik tidak ayahbunda berbuat demikian? Tidak baik, ini bertolak belakang dengan pendidikan. Meskipun waktu tidur berkurang, namun anak-anak telah membentuk kebiasaan hidup yang disiplin, ini juga merupakan rasa hormatnya pada guru dan sikap menghormati ajaran insan suci dan bijak.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
         ( Seputar “Bakti dan Hormat” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

教化实例   ~ 【孝敬篇】
长养孩子的恭敬心

很多读经的孩子,都薰习圣贤的学问。我们问他,为什么要读书?他们会回答说:‘我要作圣人,因为读书志在圣贤。’老师跟他们规定,每天七点要念《弟子规》,所以他们都是六点半就起床,每天固定七点就开始读诵。在过年期间孩子睡觉比较晚,父母唯恐孩子睡不够,就把闹钟转慢一个小时。结果孩子在六、七点的时候醒过来,一看闹钟才五点多,又继续睡。后来觉得不大对劲,因为每个人都有自己的生理时钟。因此他就走了出来,一看已经快八点了,孩子立刻放声大哭说:‘快八点了,我还没念《弟子规》。’孩子从小养成好习惯,这其中还包含了对于老师的恭敬,对于自己的承诺,不敢忘失。

所以,父母这样做好不好?不好,这是反教育。虽然少睡一点时间,但是孩子却形成了很有规律的生活习惯,甚至这也是对老师的恭敬、对圣贤教育恭敬的态度。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师