Tuesday 3 November 2020

97 Memperlakukan Orang Lain Dengan Mulia

Cerita Budi Pekerti 97

Memperlakukan Orang Lain Dengan Mulia

 

Ada seorang anak, sandalnya telah rusak lalu dia menggantinya dengan sepasang sandal baru. Namun yang rusak hanya sedikit, jadi dia tidak rela untuk membuangnya, oleh karena dia telah belajar Di Zi Gui bahwa “Jangan mengabaikan yang lama dan suka pada yang baru”, terhadap sandal lama telah tumbuh rasa sayang, maka itu dia menyimpannya di bawah tempat tidurnya.

 

Oleh karena sandal teman sekelasnya juga rusak, guru berkata padanya: “Pergilah dan ambilkan sandal lamamu agar bisa dipakai oleh temanmu.” Lalu gurunya menyadari bahwa sandal lamanya itu dia pakaikan sendiri ke kakinya, dan sandal barunya dipakai oleh temannya, gurunya menjadi terharu melihat tindakan anak ini.

 

Anak ini benar-benar telah menerapkan Di Zi Gui “Jika harta benda tidak terlalu dipedulikan, bagaimana mungkin timbul perselisihan?”, teman sekelas itu pasti akan merasa bahwa anak ini sangat peduli, dengan kepedulian dan perhatian dia menjaga orang lain serta menjaga dirinya sendiri.

 

Saat itu kami langsung menyemangati anak ini, kamu memang murid Konfusius yang baik. Kemudian kami maju selangkah lanjut berkata padanya, kini di antara teman-teman sekelas kamu adalah abang tertua, maka kelak kamu harus memberi teladan yang baik kepada mereka.

 

Kami memberi motivasi dan pujian padanya, membiarkan dia bertekad dan tidak lupa untuk meningkatkan karakter diri, menyemangatinya bahwa dari moralitas dia dapat memberi teladan bagi semua orang.

 

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”

 ( Seputar “Berinteraksi dengan orang lain” )

Pembicara: Guru Cai Li-xu

Edisi: Tahun 2008

 

教化实例   ~ 【待人接物篇】

仁爱待人

  

有个孩子自己的拖鞋坏了,就换了一双新拖鞋。可是有一点坏的拖鞋,他又舍不得丢,因为他学了‘勿厌故,勿喜新’,对旧的拖鞋有感情,就把它放在床下。他同学的鞋子也坏了不能穿,老师就跟他说:‘你去把你那一双旧拖鞋拿来给同学穿。’后来老师发现,那一双旧拖鞋是穿在他自己的脚上,而那一双新拖鞋居然是穿在他同学的脚上,老师被孩子的行为感动了。他真正做到了‘财物轻,怨何生’,而那位同学一定会感受到他非常的关心,在无微不至的照顾自己。

 

我们当下就鼓励了这个孩子,你确实是孔夫子的好学生。接着我们进一步说,在这些同学中你是大哥哥,所以你往后一定要做好榜样。我们肯定孩子,称赞了孩子,还要让他立志,不忘让他提升自己的定位,鼓励他在品德方面能做大家的榜样。

 

【德育故事 ~ 小故事 真智慧】

         ~蔡礼旭老师 讲述~