Thursday 2 April 2020

46 Revolusi Demi Rakyat


Cerita Budi Pekerti 46
Revolusi Demi Rakyat  

Pada zaman dahulu, ketika Dinasti Xia berkuasa, ada sebuah suku yang bernama Shang dengan kepala sukunya yang bernama Cheng Tang. Cheng Tang kemudian menumbangkan Dinasti Xia lalu mendirikan Dinasti Shang, inilah revolusi paling awal yang terjadi di Negeri Tirai Bambu.

Sebelum berencana menggulingkan Dinasti Xia, Cheng Tang sesungguhnya sangat menghormati Kaisar Xia Jie. Sudah berulang kali Cheng Tang menasehati Kaisar Xia Jie, tetapi tidak pernah digubris.

Cheng Tang kemudian mencari seseorang yang berbudi luhur, bernama Yi Yin. Saat pergi mencari Yi Yin, Cheng Tang membawa banyak sekali emas, perak, uang dan barang berharga lainnya, namun Yi Yin sedikit pun tidak tergerak hatinya. Setelah beberapa kali membujuk, ketulusan hati Cheng Tang akhirnya menggugah Yi Yin, barulah dia bersedia membantu Cheng Tang.

Mengapa Yi Yin akhirnya setuju? Apakah karena apresiasi Cheng Tang terhadap dirinya? Tentu bukan demikian, hanya demi memberi manfaat untuk rakyat banyak. Lagi pula Cheng Tang membujuk Yi Yin juga bukan karena ingin menjatuhkan Kaisar Xia Jie, hanya ingin mengenalkan orang berbudi luhur seperti Yi Yin pada Kaisar Xia Jie.

Diperkenalkan sebanyak sembilan kali, Kaisar Xia Jie masih tidak peduli. Tetap saja berbuat sewenang-wenang, sedangkan Cheng Tang demi menyelamatkan rakyat dari kesengsaraan, barulah melakukan revolusi. Sewaktu berevolusi, Cheng Tang mengadakan upacara penghormatan kepada Langit dan Bumi, berjanji akan menegakkan keadilan untuk rakyat dan menghukum orang-orang yang bersalah.

Setelah menggulingkan Kaisar Jie dari Dinasti Xia, Cheng Tang sama sekali tidak membunuh semua keturunannya, bahkan memberikan sebidang tanah dan membiarkan mereka menetap di sana melewati masa tuanya dengan tenang.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                  ( Seputar “Kebenaran” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~     
                 为民伐罪

古代,商汤是革命最早的。在汤王要讨伐夏桀以前,其实对夏桀也非常的恭敬。他屡屡劝夏桀,夏桀不听。汤王还去找来一位很贤德的人,叫伊尹。他去找伊尹的时候,带了很多金银财宝,伊尹见之如如不动。他多次去劝请,真诚心感动了伊尹,伊尹才随他出来。伊尹是为什么出来?只为了汤王对他的赏识吗?绝对不是如此,是为了利益天下百姓。而汤王找来伊尹不是去推翻夏桀,是把伊尹这样贤德的人介绍给夏桀。介绍了九次,夏桀都不用。夏桀依旧还是荒淫无道,汤王为了救民于水火之中才革命。革命的时候还对天做了一个隆重的祭祀,向天说道,绝对是要为民伐罪。当他击败夏桀以后,并没有大肆杀戮,还赏赐夏桀的后人一块封地,让他们居住在那里安享晚年。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师