Monday, 22 March 2021

110 Sejak Usia Dini Mendidik Anak Membedakan Baik dan Jahat

Cerita Budi Pekerti 110

Sejak Usia Dini Mendidik Anak Membedakan Baik dan Jahat

 

Keponakan saya, sejak berusia 3 tahun lebih, mamanya sudah mulai mengajarkan dia membaca ‘Di Zi Gui’, kemudian memberi penjelasan tentang ‘Di Zi Gui’, agar dia lebih mengerti. Alhasil saat membawanya keluar untuk bersosialisasi dengan anak-anak lain, sewaktu ada anak berkata kasar terhadap orang lain, bahkan memukuli orang tersebut, begitu keponakan saya melihatnya, dia menarik mamanya dan berkata: “Anak itu tidak boleh memukuli orang lain, juga tidak boleh memarahi orang lain.”

 

Mengapa dia bisa memiliki penilaian sedemikian rupa? Dikarenakan pengaruh dari ‘Di Zi Gui’ yang sudah diajarkan kepadanya. Umpamanya, jika anda mendidik anak bahwa berbakti adalah hal yang benar dan berbakti adalah kebaikan, tahukah dia apa yang dimaksud dengan kejahatan? Yakni tidak berbakti adalah kejahatan.

 

Ketika anda mendidiknya agar menyayangi saudara-saudaranya dan menghormati senior, dia tahu bahwa ini adalah kebaikan, lalu tahukah dia apa yang dimaksud dengan kejahatan? Yakni tidak memiliki rasa hormat dan tidak menghargai persaudaraan.

 

Ketika anak-anak tahu bahwa sangat penting untuk bermawas diri, urusan sendiri haruslah dikerjakan oleh diri sendiri adalah kebaikan, pada saat bersamaan dia juga akan tahu apa yang dimaksud dengan kejahatan.

 

Ketika dia tahu bahwa mengasihi sesama adalah kebaikan, dengan sendirinya dia akan tahu apa yang dimaksud dengan kejahatan, sehingga anak dapat membedakan dengan jelas apa itu kebaikan dan kejahatan. Mampu membedakan baik dan jahat secara jelas, maka dia akan memilih kebaikan dan menjauhi kejahatan.

 

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”

 ( Seputar “Pedoman Mengajar” )

Pembicara: Guru Cai Li-xu

Edisi: Tahun 2008

 

教化实例   ~ 【教学锦囊篇】

从小教子辨善恶

  

我的外甥,她的母亲也是在孩子三岁多就开始教他读《弟子规》,然后讲解《弟子规》让他了解。结果带他到外面跟其他小朋友交往,当其他的小孩如果恶言对别人,甚至还动手打人,我的外甥看了就会拉拉他母亲说:‘那个小孩不可以打人、这个小孩不可以骂人。’为什么他会这样判断?教导《弟子规》所起的作用。

 

譬如,你教孩子孝是对的,你教孩子孝是善,他能否知道什么是恶?不孝。当你教他友爱兄弟、尊敬长辈,他知道这是善,他知不知道什么是恶?不敬、不悌。当他知道谨慎很重要,自己的事情要自己做是善,他同时也就知道什么是恶。当他知道爱人是善,他自然就会知道什么是恶,所以孩子就会善恶分明。善恶分明,他就会有所取舍,取善舍恶。

 

【德育故事 ~ 小故事 真智慧】

         ~蔡礼旭老师 讲述~