Saturday 8 February 2020

10 Jari Tertusuk Hati Kesakitan



Cerita Budi Pekerti 10
Jari Tertusuk Hati Kesakitan

Zeng Zi (Zeng Shen) adalah seorang putra berbakti yang terkenal di zaman dahulu. Suatu hari, dia pergi ke bukit menebang kayu bakar, kebetulan ada sahabat yang datang mencarinya. Di zaman dahulu, jika ada sahabat yang berkunjung mungkin sudah berjalan selama dua sampai tiga hari baru tiba di tujuan. Ibunda sangat tulus terhadap orang, berpikir bahwa tidaklah sopan, sahabat datang dari jauh tetapi tidak bertemu dengan Zeng Shen. Ibunda segera menusukkan jarum ke tangannya, begitu ditusuk, Zeng Shen hatinya terasa sakit, terpikir telah terjadi sesuatu terhadap Ibunda, lalu bergegas pulang ke rumah.

Setelah pulang bertemu dengan Ibunda, dengan cepat berlutut dan bertanya: “Bunda, apa yang telah terjadi, mengapa tiba-tiba hatiku terasa sakit sekali?” Ibunda menjelaskan kepadanya: “Ada sahabat yang datang, karena ingin lekas memanggilmu pulang, maka Bunda menusukkan jarum ke tangan.”

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                              ( Seputar “bakti” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~    
                 啮指心痛

曾子(曾参)是古代一个很有名的孝子。有一天,他上山去砍柴,刚好有朋友来找他。在古代有朋友来拜访,可能都是走了两三天的路才到的。他母亲为人特别忠厚,想到朋友远道而来,假如又没有见到曾参,这样对朋友就很不礼貌。所以,她就立刻往自己手上扎了一针,这一针扎下去,曾参立即就觉得心痛,心想一定是母亲出事了,立刻快步赶回家里。

结果一回家看到母亲,他马上跪下来说:母亲,究竟有什麽事,为什麽我的心一阵痛?母亲跟他解释说:因为有朋友过来,我想赶快叫你回来,所以我才这样做。

德育故事 ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师