Thursday 6 February 2020

04 Li Zhong Anak Berbakti


Cerita Budi Pekerti 04
Li Zhong Anak Berbakti

Di dalam “Zhong Yong” atau Doktrin Jalan Tengah Konfusius disebutkan bahwa: “Datangnya petaka atau berkah, baik atau buruk, akan diketahui terlebih dulu”. Jika seseorang sering berbuat kebajikan, maka “Seratus berkah berdatangan, seribu keberuntungan berkumpul.” Ini adalah hasil dari bakti, berbuat baik mendapat balasan baik. Pada zaman dahulu, banyak kisah nyata bakti yang mengharukan langit dan bumi, karena berbakti sehingga mengurai bencana, contohnya ada banyak sekali.

Pada masa Dinasti Yuan, pernah terjadi gempa bumi dahsyat, yang telah meruntuhkan rumah penduduk di sebuah wilayah besar. Di sana, ada seorang anak yang berbakti bernama Li Zhong, saat gelombang di sepanjang pusat gempa menyebar menghampiri rumahnya, tiba-tiba gelombang pecah menjadi dua arah, melingkar melintasi pinggir rumahnya. Setelah melewati rumah Li Zhong, barulah gelombang kembali bersatu. Akhirnya, rumah penduduk yang lain semuanya runtuh dan hanya tersisa rumah Li Zhong yang masih utuh. Benar-benar merupakan mukjizat tak terbayangkan, bakti telah menggugah langit dan bumi.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                              ( Seputar “bakti’ )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~    
                 孝子李忠

《中庸》提到:祸福将至,善,必先知之;不善,必先知之。一个人假如处处行善,自然就能 百福骈臻,千祥云集。这都是善有善报的孝道结果。所以,古代有很多孝感天地的实例,因为孝行而化解灾难的例子非常多。

元朝的时候,发生了一次大地震,把很大一个地区的房屋都震垮了。当地有个孝子叫李忠,当震波沿着震央向外传播,快到他家的时候,突然传播的方向变成两条,过了他家以后,震波传播的方向又合而为一,把他家绕过去了。结果,其他家所有的房屋都倒塌了,只有他一家的房屋没倒。确实实感应不可思议,真正是孝感天地。

德育故事 ~ 小故事 真智慧

     讲述  蔡礼旭老师