Belajar Menjadi Seorang Guru Teladan
Suatu kali, kami para guru sedang berjalan dengan
beberapa anak murid, anak-anak ini berebutan memungut sampah yang ada di jalanan,
yang berhasil merebutnya merasa amat bersukacita. Kebetulan di depan mereka,
ada beberapa murid SMP yang datang menghampiri, murid-murid SMP ini membawa
makanan dan minuman di tangan mereka, sambil makan sambil buang sampah ke
jalan.
Begitu melihat anak-anak memungut sampah di sepanjang
jalan, mendadak kakak-kakak ini menahan barang yang semula ingin mereka buang.
Lalu ada seorang di antara mereka yang berkata pada teman sekolahnya: “Anak
sekecil ini saja tahu memungut sampah, kita jangan buang lagi.” Anak ini
berbicara dalam bahasa Kanton dan kebetulan ada seorang anak murid kami
mengerti yang dia bicarakan.
Saat kembali ke sekolah, anak yang mengerti dialek Kanton
ini menerjemahkannya ke teman sekelasnya: “Kakak-kakak tadi bilang, oleh karena
melihat kita sedang memungut sampah, maka mereka tidak membuang sampah.” Apa
yang anak ini rasakan begitu mengucapkan kalimat ini?
Tindakan kita dapat mempengaruhi orang lain dan
masyarakat, sehingga anak-anak merasa apa yang telah mereka pelajari dapat segera
diterapkan “Belajar menjadi guru manusia, bertindak menjadi teladan dunia”.
Ketika sejak kecil anak-anak memiliki ketetapan hati dan tekad sedemikian rupa,
yakinlah bahwa proses belajar mereka juga akan sangat baik dan pasti.
Oleh karena itu, agar anak-anak memiliki arah dan tujuan,
sebagai orang dewasa kita harus membimbing mereka, menciptakan lingkungan yang
baik bagi mereka.
Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
( Seputar “Belajar
Keterampilan Hidup” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu
Edisi: Tahun 2008
教化实例 ~ 【学习篇】
学为人师 行为世范
有一次,我们带着几个孩子走在路上,这些孩子都抢着捡地上的垃圾,抢到以后觉得很欢喜。刚好在他们的前方,有几位初中生走过来,手上拿着泡沫红茶,还拿着碱酥鸡,边吃边丢。孩子一路这样捡过来,这些大哥哥们一看到,突然本来要丢的东西停在空中。然后有一位大哥哥就对其他的同学说:‘这么小的孩子都在捡垃圾,我们不要丢了。’他是用广东话说的,刚好有一个孩子听懂了。他们回到教室,广东籍的小朋友就对其他的同学翻译,告诉他们:‘刚刚那些大哥哥说,因为看到我们在捡垃圾,所以他们就不丢了。’当孩子说出这一番话,他体会到了什么?我们的行为可以影响别人,可以影响社会,让孩子觉得他所学的东西,可以立刻去落实‘学为人师,行为世范’。当孩子从小有这样的定位和志向,相信他求学的过程也会非常积极,非常扎实。因此,小孩要有志向,大人要做引导,给他创造环境。
【德育故事 ~ 小故事 真智慧】
~蔡礼旭老师 讲述~