Sunday 2 August 2020

77 Berterima Kasih Sebelum Makan


Cerita Budi Pekerti 77

Berterima Kasih Sebelum Makan

 

Anak-anak selalu memperagakan apa saja yang telah mereka pelajari. Suatu kali, ada seorang anak sedang menyantap hidangan bersama keluarganya. Begitu mulai makan, dia segera beranjali dan menggumamkan sesuatu di mulutnya. Para senior yang semula sudah mengambil sumpit bersiap-siap ingin makan, semuanya menjadi berhenti dan fokus memperhatikannya.

 

Beberapa saat kemudian, anak ini membuka matanya, para senior pun bertanya padanya: “Apa yang kamu lakukan tadi?” Anak ini bilang: “Oleh karena sebelum makan kita harus berterima kasih. Maka tadi saya berterima kasih pada Ayahbunda yang telah melahirkan, membesarkan dan mengasuhku, pada guru yang telah mendidikku, pada teman sekolah yang tumbuh besar bersama, para petani yang telah bekerja keras dan semua orang yang telah bersumbangsih untukku.”

 

Makan malam belum disantap, tindakan anak ini sudah mendidik semua orang dewasa yang ada di sana. Ketika tindakannya dapat memengaruhi orang banyak, anak ini akan merasa dirinya dengan masyarakat memiliki kaitan yang erat, dia juga memiliki kemampuan untuk mengubah masyarakat ke arah yang lebih baik.

 

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”

         ( Seputar “Berterima Kasih” )

Pembicara: Guru Cai Li-xu

Edisi: Tahun 2008

 

教化实例   ~ 【感恩篇】

饭前感恩

  

孩子常常把他们所学到的表演出来。有一次,一个孩子的家族聚餐。一说开饭,这个孩子立刻就合掌,口中念念有词。所有长者本来筷子都要夹下去了,看到他这样专注,就都停了下来。过了一会儿,他把眼睛睁开,这些长辈说:‘你刚才在做什么?’他说:‘因为饭前我们要感恩。所以,我刚刚在念,感谢父母生我养我育我,感谢老师教我训我,感谢同学陪我一起成长,感谢农夫辛勤的工作及所有付出的人。’这餐饭还没吃,孩子的行为教育了当场所有的大人。当孩子所做出来的行为,能够影响到众人时,他就会感觉到他跟社会息息相关,他也有能力可以让社会变得更好。

 

德育故事 ~ 小故事 真智慧

     讲述  ~  蔡礼旭老师