Friday 28 February 2020

27 Dua Menteri Yang Setia


Cerita Budi Pekerti 27
Dua Menteri Yang Setia

Pada pertengahan periode masa Dinasti Tang, timbul sebuah kekacauan yang amat besar, yaitu pemberontakan An Shi. Saat itu di karenakan Kaisar Tang Xuan-zong sangat memanjakan selirnya yang bernama Yang Gui-fei, mengakibatkan urusan negara jadi terbengkalai, akibatnya An Lu-shan memiliki alasan melakukan pemberontakan. Hanya dalam hitungan bulan, Kaisar Tang kehilangan separuh wilayah kekuasaannya. Kemana perginya para sarjana negara dan insan yang mempelajari ajaran suci dan bijak? Semuanya sudah tunduk dan mengangkat bendera putih.

Tetapi ada dua menteri setia yang bernama Zhang Xun dan Xu Yuan, hingga mati pun berusaha mempertahankan Ibukota dan berjuang melawan, sehingga pasukan An Lu-shan tidak mampu menyerang. Barulah pasukan prajurit Tang dapat beristirahat sejenak sambil mempersiapkan diri untuk melanjutkan perjuangan. Jika tidak ada Zhang Xun dan Xu Yuan, Dinasti Tang mungkin sudah kalah.

Kemudian, Zhang Xun dan Xu Yuan ditangkap oleh An Lu-shan, disiksa dengan kejam dan menyuruh mereka supaya menyerah, namun sampai mati pun mereka tidak bersedia, bahkan memaki An Lu-shan sebagai pengkhianat. Saking murkanya, An Lu-shan memerintahkan agar mencabut gigi mereka. Namun mereka tetap gigih tak gentar memaki An Lu-shan habis-habisan. Keteguhan pada kebenaran yang dimiliki Zhang Xun dan Xu Yuan tidak akan tergoyahkan.

Dikutip dari: Ebook “Cerita Budi Pekerti”
                     ( Seputar “kesetiaan” )
Pembicara: Guru Cai Li-xu

Edisi: Tahun 2008

德育故事  ~    
             国乱知忠臣

唐朝中叶,出现了一次很大的祸乱,就是安史之乱。那时因为唐玄宗宠爱杨贵妃,国政荒废,结果安禄山开始作乱。数月之内,失去了半壁江山。所有科举出身,念圣贤书的人到哪里去了?统统都举白旗投降。当时有两位忠臣,一个叫张巡,一个叫许远,他们死守淮阳城,奋力抵抗,安禄山的军队就打不进来。这才让唐朝的军队得以喘息,重新调整,重新备战。假如没有张巡、许远,唐朝可能就失败了。后来安禄山把张巡、许远抓起来,对他们严刑拷打,叫他们投降,他们至死不肯,还当着安禄山的面骂他是叛臣。安禄山看了很生气,下令把他们的牙齿都拔掉。他们依旧正气凛然,含血唾骂安禄山。张巡和许远那种大义凛然的气概能够屹立如山。

德育故事  ~ 小故事 真智慧
     讲述  ~  蔡礼旭老师